Selasa, 07 Februari 2012

Peristiwa-Peristiwa Di Alam Kubur bagian 2


Banyak sekali Hadist yang menjelaskan keberadaan azab dan nikmat kubur, Hal ini telah disepakati oleh Ahlus Sunah wal Jamaah, Imam Ibnu ‘Izzi, penulis kitab alkaidah atahawiya berkata “telah mutawatir hadist-hadist dari Rasulullah tentang keberadaan  adzab dan nikmat bagi orang  yang berhak mendapatkannya. Demikian juga  pertanyaan dua malaikat. Oleh karena itu wajib  wajib mengimani dan meyakini kepastian ini. Dan kita membicarakan bagaimana caranya, karena keadaan akal itu tidak dikenal  di dunia ini. Syariat tidaklah datang membawa perkara yang mustahil bagi akal, tetapi terkadang membawa perkara yang membingungkan akal. Karena kembalinya ruh kedalam jasad (di alam kubur), tidaklah dengan cara yang diketahui di dunia, namun ruh  dikembalikan dalam jasad dengan cara yang berlainan dengan yang ada di dunia.

  Kalangan atheis da oang-orang Islam yang mengikuti pendapat para filosof meningkari adanya adzab kubur, mereka beralasan bahwa setelah membongkar kubur, mereka tidak melihat sama sekali apa yang diberitakan oleh nash-nash syariat.


SEBAB SEBAB SIKSA KUBUR

Sebab-sebab yang menjadikan seseorang mendapatkan siksa kubur ada dua bagian, mujma(global), dan mufash-shal(rinci) sebabnya secara mujmal (global) yaitu kebodohan terhadap Allah, menyia-nyiakan perintahnya dan menerjang larangan-Nya, sedangkan sebabnya secara mufash-shal (rinci), adalah perkara-perkara yang dijelaskan oleh nash-nash sebagai sebab siksa kubur. Di antara sebab mufash-shal sehingga kita bisa menjauhinya. 1. Namimah, yaitu menyampaikan perkataan seseorang kepada orang lain untuk merusak hubungan mereka, 2. tidak menutupi diri ketika buang hajat. 3. Ghulul, yaitu mengambil harta rampasan perang sebelum di bagi oleh iman.4. Dusta 5. memahami al-quran namun tidak mengamalkannya, 6. Zina, 7. Riba, 8. Mayit yang ditangisi keluarganya, jika mayit itu tidak melarang sebelumnya.


HAL-HAL YANG MENYELAMATKAN  DARI SIKSA KUBUR

  Perkara  yang akan menyelamatkan seseorang dari siksa kubur adalah orang yang mempersiapkan diri sebelum menghadapi kematian yang datang tiba-tiba.Di antara persiapan menghadapi maut adalah segera bertaubat, menunaikan kewajiban syariat, memperbanyak amal shalih, memperbaiki aqidah, berjihad, berbuat baik pada orang tua, menyambung silaturahim, dan amal-amal shalih lainnya. Denganj amalan tersebut Allah SWT memberinya jalan keluar dari tiap kesulitan dan kesusahan.


  Sebagain kaum Mukmin yang melakukan amal-amal besar atau tertimpa musibah besar akan terjaga dari fitnah atau ujian dan azab kubur, diantaranya meraka :

Pertama, orang yang mati syahid

Kedua, seseoang yang gugur ketika bertugas jaga dijalan Allah

Ketiga, seseorang yang meinggal di hari jum’at

Keempat, seseorang meninggal karena sakit perut.

Sumber : majalah as-sunah


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar