Blog resmi MASJID BAITURRAHIIM Rt 04 Rw 04 Kel. Ledeng Kec. Cidadap Kota Bandung, blog ini merupakan sarana untuk berbagi informasi dan mempererat tali silaturahmi sesama muslim khususnya jamaah masjid Baiturrahim

Khasiat dan manfaat Binahong

  Khasiat Dan Manfaat Binahong - Yuk kita belajar mengenal herbal tanaman di sekitar kita, dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai tanaman yang dikategorikan pada tanaman obat yang diberi nama Binahong, apakah anda termasuk yang belum tahu mengenai binahong ? Sekilas seperti nama yang aneh, namun di tempat saya tinggal binahong sangatlah mudah dijumpai, bahkan hampir setiap rumah punya lho yang namanya binahong, lebih sering daun binahong dimanfaatkan sebagai obat trdisional, nah kali ini kita akan sedikit menyelidiki mengenai Khasiat Dan Manfaat Binahong ini.
Khasiat Dan Manfaat Binahong sudah banyak diketahui oleh warga pedesaan, ini bisa jadi dikarenakan binahong digunakan sebagai obat secara turun menurun. Pohon binahong ini merambat seperti halnya pohon sirih, biasa dahulu bahkan di depan rumah saya, binahong digunakan untuk tanaman perdu dibentuk melengkung pada pintu masuk halaman rumah, daunya yang unik dengan batang sedikit kemerahan membuat binahong juga asri dijadikan tanaman penghias halaman rumah, namun ternyata Khasiat Dan Manfaat Binahong tidak hanya untuk memperindah halaman naum juga sebagai obat.
Khasiat Dan Manfaat Binahong paling sering diguakan untuk mengobati luka baru, dan untuk memar akibat benturan, ini yang pernah saya alami sendiri ketika tangan kena benturan palu, ayah saya meremas daun binahong lalu menempelkan pada luka memar, anehnya pada luka memar akibat kena palu tadi tidak menjadi panas dan darah tidak kemudian beku. Binahong juga sering digunakan pada ibu setelah melahirkan, katanya sebagai penambah vitalitas atau memulihkan tenaga.
Nah untuk lebih detail mengenai Khasiat Dan Manfaat Binahong, maka kali ini blog dokter berbagi informasi yang kami kumpulkan dari berbagai nara blog sebagai berikut.
Khasiat Dan Manfaat Binahong Untuk Penyakit Berat
  • Batuk/muntah darah : gunakan 10 lembar daun binahong rebus dalam 2 gelas sisakan 1 gelas, minum tiap hari
  • Paru-paru/bolong : 10 daun binahong direbus lalu dikonsumsi secara rutin
  • Kencing manis : 11 lembar daun binahong diminum setiap hari
  • Sesak nafas : 7   lembar daun binahong diminum setiap hari
  • Borok akut(menahun) : 12 lembar daun binahong diminum setiap hari
  • Patah tulang : 10-20 lb    daun  binahong diminum setiap hari
  • Darah rendah : 8   lembar daun  binahong  diminum setiap hari
  • Radang ginjal   : 7   lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Gatal-gatal /eksim kulit : 10-15 lb     daun binahong diminum setiap hari
  • Gegar otak ringan/berat : 10 lembar daun binahong diminum setiap hari.
Khasiat Dan Manfaat Binahong Untuk Penyakit Ringan
  • Disentri/buang air besar  : 10 lembar daun binahong diminum setiap hari
  • Ambeyen berdarah   : 16 lembar daun  binahong diminum setiap hari
  • Hidung mimisan         :   4 lembar daun  binahong diminum setiap hari
  • Habis bedah/operasi : 20 lembar daun  binahong diminum setiap hari
  • Luka bakar           : 10 lembar daun  binahong diminum setiap hari
  • Kecelakaan/benda tajam  : 10 lembar daun  binahong diminum setiap hari
  • Jerawat                 :  8 lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Usus bengkak      :  3 lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Gusi berdarah     :  4 lembar daun  binahong  diminum setiap hari
  • Kurang nafsu makan :  5 lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Kelancaran haid         :  3 lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Habis bersalin/melahirkan :  7 lembar daun binahong diminum setiap hari
  • Menjaga stamina tubuh  :  1 lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Penghangat badan     :  5 lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Lemah syahwat         : 3-10 lb      daun  binahong diminum setiap hari.
Sumber: Rahasia Pijat Jawa Untuk Kesehatan dan Penyembuhan ......", halaman 113-114, disusun oleh Ny. S. Jatiningrum, Dua Media, Surabaya, 2011
Khasiat Dan Manfaat Binahong sangat banyak juga ternyata. Tidak heran dijadikan semacam tanaman wajib pada masa lalu, jaman sekarang binahong juga masih mudah ditemukan di pedesaan, padahal binahong ini juga bisa hidup jika kita tanam di dalam pot. Nah bagaimana dengan Anda? Tertarik menanam pohon binahong ini ??? Semoga bermanfaat - Salam Kesehatan.Sumber: Binahong
<p>Your browser does not support iframes.</p>

Add caption

Daun dari tanaman di sekitar rumah bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Salah satu contohnya, daun binahong yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan maag.
Tumbuhan binahong bisa ditemukan di sekitar pagar rumah atau merambat pada pohon besar. Selain untuk membantu memulihkan kesehatan lambung, daun binahong juga berkhasiat untuk penyembuhan penyakit lain seperti mengobati luka bakar, melancarkan peredaran darah, dan meringankan pegal-pegal.
Pakar herbal di Jogja, Ning Hermanto mengatakan, kandungan dalam daun binahong antara lain antimikroba yang reaktif terhadap beberapa kuman penyebab infeksi pada luka. “Khasiat daun binahong yang mengandung asam askorbat juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan mempercepat penyembuhan,” katanya kepada Harian Jogja, Minggu (24/6).
Dikatakan Ning, manfaat daun binahong sebagai salah satu obat herbal beberapa di antaranya telah melalui uji klinis. Daun binahong menurutnya cukup unik karena selain mengandung etanol, tumbuhan ini juga mengandung antibakteri dan protein tinggi yang berguna untuk menutup luka misalnya peradangan karena mag.
Obati Mag
Sebagai obat herbal yang tidak memiliki efek samping, katanya, cara pemanfaatan daun binahong bisa dilakukan dengan cara direbus maupun digunakan langsung selagi segar. “Tergantung untuk pengobatan apa, kalau penyakit dalam yang air sari rebusan yang diminum, kalau penyakit luka bakar atau pegal-pegal yang diusapkan saja setelah ditumbuk atau dimemarkan,” katanya.
Untuk membantu penyembuhan maag, binahong bisa direbus dengan takaran lima atau tujuh lembar daun dengan air tiga gelas sampai. Untuk penderita maag sebaiknya dilakukan tiga kali sehari sebelum makan untuk mendapatkan rasa dingin di bagian mag yang luka. “Awalnya akan terasa perih karena kena luka, lalu panas di dalam itu reaksinya, tetapi aman dan menyembuhkan,” kata Ning.
Pemanfaatan daun binahong untuk kesehatan disarankan karena tumbuhan ini mudah didapatkan di berbagai tempat. Tanaman rambat ini kadang disebut juga dengan gendola atau bahasa latinnya Basella rubra Linn.
Menurut Ning, hampir semua bagian tanaman binahong dapat digunakan sebagai bahan terapi herbal. Bagian tanaman seperti umbi, batang dan daun memiliki khasiat beragam. “Umbinya kalau dipadu dengan rempah lain misal daun sirih, temulawak bisa untuk obati kencing manis dan radang usus besar,” ujar pengolah mahkota dewa sebagai obat herbal ini.
Labels: herbal, Obat Tradisional/Herbal

Thanks for reading Khasiat dan manfaat Binahong. Please share...!

0 Comment for "Khasiat dan manfaat Binahong"

Back To Top