Blog resmi MASJID BAITURRAHIIM Rt 04 Rw 04 Kel. Ledeng Kec. Cidadap Kota Bandung, blog ini merupakan sarana untuk berbagi informasi dan mempererat tali silaturahmi sesama muslim khususnya jamaah masjid Baiturrahim

Menjadi Ummat yang Ideal



Imam Ahmad bin Hanibal meriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud ra. Dia berkata: Rasulullah SAW membuat garis dengan tangannya, kemudian beliau bersabda:”Inilah jalan Allah yang lurus.” kemudian beliau membuat garis di sebelah kiri dan kanan garis tadi, lalu bersabda:”Inilah jalan-jalan yang lain, tiada satupun diantara jalan itu melainkan ia ditempati oleh syetan yang mengajak manusia kejalannya”. Kemudian beliau membacakan ayat dan bahwa(yang kami perintahkan) ini adalah jalanKu yang lurus, maka ikutilah dia dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalanNya (HR.Hakim).

Jalan Islam itulah satu-satunya jalan bagi kaum muslimin untuk menitipi kejayaan dan meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat. Hanya dengan jalaan Islam, kaum muslimin lurus menuju tujuan sebagaimana yang digambarkan Allah SWT dalam Al-quran. Tidak ada jalan lain, seharusnyalah kaum muslimin komitmen secara totalitas dengan jalan Islam dalam seluruh sisi kehidupannya. Menjadikn Islm sebagai landasan yang menghidupkan hati nuraninya( ruhiyah) membentuk pola piker dan cara p-andangnya terhadap kehidupan dan permasalahannya (fikriyah) dan juga membangun kekuatan materi yang unggul (jasadiyah).

Seandainya kaum muslimin telah memahami kembali makna Islam dan menjadikan Islam sebagai jalan hidupnya(dienul hayah) niscaya kebangkitan Ummat bukanlah hal yang sulit. Dalam salah satu ayat Allah SWT berfirman:”untuk manusia, menyuruh kepada yang Ma’ruf dan mencegah dar yang munkKamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan ar. Dan beriman  kepada Allah.”sedangkan pada salah satu sabdanyaRasulullah SAW pun menyatakan,”al-Islaam ya’luu wa la yu’laa alaaih”. Islam itu tinggi dan tidak ada yang melebih ketinggiannya.

Ketinggian Islam mencakup ajarannya yang lengkap selaras dengan fitrah manusia,membawa ketentraman dan kedamaian, tidak ada yang melebihi ketinggian nilai-nilai Islam. Berpegang teguh dengan Islam akan membawa kaum muslimin pada ketinggian yang sama, sehingga seandainya kaum muslimin melaksanakannya secara utuh maka ia akan muncul sebagai Khairan Ummat, sebaik-baiknya umat, Ummat terbaik itulah ummat ideal sebagaimana yang dinyatakan Allah SWT, dan hanya dengan Islam-lah jalan untuk mewujudkannya….. 

sumber majalah ummat dpu dt

Labels: materi

Thanks for reading Menjadi Ummat yang Ideal. Please share...!

0 Comment for "Menjadi Ummat yang Ideal"

Back To Top