Blog resmi MASJID BAITURRAHIIM Rt 04 Rw 04 Kel. Ledeng Kec. Cidadap Kota Bandung, blog ini merupakan sarana untuk berbagi informasi dan mempererat tali silaturahmi sesama muslim khususnya jamaah masjid Baiturrahim

KONSULTASI KEISLAMAN BERSAMA USTADZ YAHYA BULETIN AN NABA EDISI 72


Sesi konsultasi seputar agama bersama ust. Yahya, bagi kaum muslimin yang memiliki Pertanyaan, kritik dan saran, silahkan kirim  SMS  ke 0822 1867 8377


1. Ustad bagaimana kiat-kiat supaya tak terkena sihir atau santet ? trim's …..085252annaba

Jawab:   Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada baginda Rasulillah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, keluarga dan para sahabatnya.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ’Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:
"Setan mengikat tengkuk salah seorang dari kalian saat dia tidur dengan tiga ikatan. Pada setiap ikatan dia membisikkan padamu: “Malam masih panjang, tidurlah!” Jika dia bangun lalu berzikir kepada Allah, maka lepaslah satu ikatan. Jika dia berwudhu maka lepaslah dua ikatan. Dan jika dia melanjutkan dengan shalat, maka lepaslah seluruh ikatan itu. Sehingga pada pagi harinya dia menjadi sangat semangat dan sehat jiwanya. Namun jika tidak, maka dia akan memasuki waktu pagi dengan jiwa yang buruk dan penuh kemalasan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Mengatasi tipu daya dan gangguan syetan ini, seorang muslim diperintahkan mengikuti beberapa langkah beriku ini:
  • Berwudhu sebelum tidur walaupun ia berhadats kembali sesudah itu, maka itu tidak mempengaruhi.
  • Shalat witir lebih dahulu sebelum tidur.
  • Menggabungkan kedua telapak tangannya dan membacakan di dalamnya surat al-Ikhlash dan al-Mu'awwidzatain (surat Al-Falaq dan al-Nas) kemudian meniupkan ke dalamnya, lalu mengusapkan keduanya kepada badannya yang dimulai dari kepalanya.
  • Membaca ayat kursi dengan penuh perenungan dan penghayatan, maka ayat tersebut akan melindunginya dari syetan sampai datangnya pagi.
  • Membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah.
  •  Membaca Tasbih (Subhanallah) sebanyak 33 kali, Tahmid (Al-Hamdulillah) sebanyak 33 kali, dan Takbir (Allahu Akbar) sebanyak 34 kali.
  • Meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya  dan tidur dengan miring ke kanan, menjadikan lambung kanan sebagai tumpuan lalu berdoa,
  • Kemudian berzikir hingga ia tertidur,

"Ya Allah, sungguh aku serahkan wajahku kepada-Mu, aku pasrahkan urusanku kepada-Mu, dan aku sandarkan punggungku kepada-Mu dengan penuh harap dan takut terhadap-Mu. Sesungguhnya tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari (ancaman)-Mu kecuali kepada-Mu. Sungguh aku telah beriman kepada Kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan (beriman) kepada Nabi-Mu yang telah Engkau utus."

Hal ini didasarkan kepada riwayat Bara' bin Azib Radhiyallahu 'Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,
"Apabila kamu hendak tidur maka berwudhu'lah sebagaimana wudhu untuk shalat. Kemudian berbaringlah miring ke kanan, lalu bacalah: "Ya Allah, sungguh aku serahkan wajahku kepada-Mu, aku pasrahkan urusanku kepada-Mu, dan aku sandarkan punggungku kepada-Mu dengan penuh harap dan takut terhadap-Mu. Sesungguhnya tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari (ancaman)-Mu kecuali kepada-Mu. Sungguh aku telah beriman kepada Kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan (beriman) kepada Nabi-Mu yang telah Engkau utus."

Jadikan kalimat-kalimat itu sebagai perkataan terakhirmu, karena jika engkau mati pada malam itu maka engkau meninggal di atas fitrah." (HR. Bukhari dan Muslim) Wallahu A'alam.

Ketahuilah wahai saudaraku, kedelapan perkara di atas telah ada ketetapannya dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam juga jangan lupa mebaca dzikir pagi dan sore silahkan lihat di buku hisnul muslim atau buku dzikir pagi dan sore berdasarkan al qur’an dan as sunnah yang shohih. Wallahu Ta'ala A'lam.

2. Ustad aku mengagumi mu ustad banyak aku pingin tanyakan masalah agama termasuk kiat-kiat memelihara shalat hingga maut menjemput...kalo Alloh takdirkan aku ingin menemui ustad? …..082155annaba

Jawab: sahabatku..saudaraku...Supaya istiqomah dalam melaksanakan sholat, ingatlah bahwa sholat merupakan kewajiban yang agung dalam agama yang tidak boleh ditinggalkan apapun alasannya sampai sampai dalam peperangan pun disyariatkan sholat khouf yaitu sholat dalam keadaan takut meskipun caranya ada ketentuan sendiri, menujukan sholat itu masalah yang agung ,saking agungnya ketika disyariatkannya, Alloh ta'ala mengundang rosululloh  kelangit ketujuh , begitu juga sholat merupakan amalan yang paling pertama dihisab hari kiamat kelak jika sholat seseorang diterima, maka diterimalah seluruhamalannya jika tidak ya celaka ! hadirilah kajian kajian ilmu syar'i yang benar insya allah anda akan istiqomah

Bagi kaum muslimin yang memiliki Pertanyaan, kritik dan saran, silahkan kirim  SMS  ke 0822 1867 8377

Labels: konsultasi

Thanks for reading KONSULTASI KEISLAMAN BERSAMA USTADZ YAHYA BULETIN AN NABA EDISI 72. Please share...!

0 Comment for "KONSULTASI KEISLAMAN BERSAMA USTADZ YAHYA BULETIN AN NABA EDISI 72"

Back To Top